Rabu, 25 November 2015

Rahasia A-Z untuk Membangun Bisnis dari NOL !



Apakah Anda adalah seorang yang sedang merangkai mimpi menjadi seorang pengusaha yang sukses? 
Jika iya, Anda pasti tahu bahwa Anda memiliki banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi. Mulai dari rencana bisnis, modal dan lain sebagainya. Anda mungkin berpikir bahwa memulai sebuah bisnis adalah sebauh hal yang sangat sulit untuk dilakukan, dan tentu saja ini membuat Anda harus mengorbankan banyak hal agar bisa menjadi pengusaha sukses.

Tapi dengan tips berikut ini Anda tidak perlu lagi bingung, karena kami akan membahas setiap kebutuhan membangun bisnis dari A sampai dengan Z. Apa saja ya kira-kira?

A – Act Now
Apapun bisnisnya, resiko menjadi suatu hal yang wajar Anda dapatkan dan bahkan harus Anda terima. Namun inilah yang membuat pengusaha dapat meraih suksesnya. Mereka yang mau mengambil resiko adalah mereka yang mau untuk sukses.1 Sejalan dengan ini banyak orang yang memiliki banyak ide besar, namun tidak semua dari mereka yang memiliki tindakan yang nyata.

B – Brand Yourself
Salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membangun merek. Itu artinya Anda mulai memilih dan menentukan nama bisnis Anda, merancang logo dan membangun tampilan website dan juga nuansa yang akan ada di dalam kantor Anda nantinya. Melakukan hal ini sejak dini akan memudahkan Anda membangun identitas merek dan menjual berbagai macam produk atau jasa di kemudian hari.

C – Create
Salah satu yang dapat mendukung branding Anda di awal adalah dengan membangun website bisnis Anda sendiri. Mulai dari website company profile ataupun website toko online. Jika dirasa Anda tidak memiliki keahlian untuk ini, Anda bisa menyewa jasa pembuat website instan yang sudah banyak di Indonesia, seperti Jagoanstore atau Jagoanweb.

D – Distinguish Yourself
Anda harusnya tahu bagaimana cara membedakan diri dengan kompetitor Anda. Dan membuatnya sangat jelas di mata pelanggan Anda. Anda bisa menjelaskan secara singkat apa keunggulan yang akan didapatkan pelanggan ketika mereka membeli produk Anda.

E – Email Marketing
Dimanapun dan apapun yang Anda jual, email marketing sangat penting untuk tetap Anda gunakan. Terlebih ketika Anda mulai beralih menggunakan media online untuk menjalankan bisnis. Ini akan sangat membantu Anda mendapatkan leads bisnis dan juga mempromosikan bisnis Anda ke berbagai orang di seluruh dunia yang sudah Anda miliki emailnya. Anda bisa mendapatkan leads email lebih banyak dengan cara yang pernah di ulas pada artikel berikut ini.

F – Financial Matters First
Menjalankan bisnis tentu akan membuat Anda banyak berkutat dengan urusan akuntansi dan pajak. Ini bukan hanya untuk bisnis Anda dengan pelanggan, tapi juga dengan instansi yang berhubungan dengan bisnis Anda. Jika memang diperlukan, bagi pemula dalam bisnis Anda bisa menyewa jasa konsultan keuangan untuk membantu mengatur urusan keuangan Anda.

G – Get Back to People Right Away
Jika pelanggan mengirimkan email kepada Anda, tanggapi dengan cepat. Begitupun ketika mereka menelepon Anda, usahakan untuk bisa menjawab dan menyelesaikan masalah mereka secepat mungkin. Bisnis Anda juga harus menjadi responsif, ini akan membangun kredibilitas bisnis Anda dihadapan pelanggan.

H – Hit the Pavement
Tahukah Anda tidak ada bisnis yang bisa bertahan tanpa memiliki jaringan yang kuat. Ini membuat kita yang ingin sukses membangun bisnis perlu memperkenalkan diri untuk setiap pemilik bisnis ataupun masyarakat di lingkungan tempat bisnis kita. Ini jelas akan sangat mempengaruhi berjalannya bisnis kita di kemudian hari. Anda pun bisa mulai mencetak kartu nama untuk digunakan ketiak berkenalan dengan orang yang baru Anda temui.

I – Identify Your Niche
“Lebih baik menjadi ikan yang besar di kolam kecil, daripada menjadi ikan kecil di laut yang luas” Ungkapan ini mungkin ada benarnya jika diterapkan untuk bisnis. Melalui ungkapan ini, setiap pemilik bisnis disarankan untuk menemukan pasar mereka sendiri. Sehingga mereka mampu berkembang dengan baik di pasar yang mereka ciptakan sendiri.

J – Join the Local Chamber of Commerce
Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan rekan bisnis ataupun pelanggan baru di bisnis Anda. Sebab kini sudah banyak komunitas bisnis yang bisa Anda ikuti. Pada komunitas ini Anda akan menemukan koneksi atau jaringan baru dan juga pelanggan baru. Bergabunglah dengan mereka, dan Anda akan dengan mudah menemukan celah untuk bisa sukses mengembangkan bisnis.

K – Know Your Customers
Jika Anda tidak tahu dan tidak mengenal siapa pelanggan Anda, bagaimana Anda bisa membuat mereka mau membeli produk Anda? Mengerti pelanggan memang bukan usaha yang kecil, namun mengenal mereka bisa kita lakukan dengan banyak cara. Mulai dari memilih targe yang spesifik dan kemudian mengambil waktu Anda untuk mempelajari dan mencaritahu apa yang mereka inginkan. Setelah itu Anda akan lebih mudah memasarkan produk dan memberikan layanan yang luar biasa kepada mereka.

L – Love What You Do
Cintailah apapun yang Anda kerjakan. Ini sangat berguna ketika Anda baru mulai membangun bisnis. Apapun yang menjadi kesukaan atau yang menjadi hobbi Anda akan jauh lebih mudah dan menyenangkan untuk Anda lakukan bukan?

M – Mom Matters
Anda tentu tahu tidak dapat mengerjakan apapun dengan usaha sendiri. Ini bukan hanya berlaku untuk pelanggan dan rekan bisnis Anda. Anda juga bisa mulai mendnegarkan nasehat bahkan kritikan yang disampaikan teman dan keluarga terkait bisnis yang sedang Anda jalankan ini.

N – Network Like Crazy
Sadarkah Anda setiap orang yang Anda temui memiliki potensial untuk bisnis Anda kedepannya. Dan kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan mereka akan membuat Anda mudah untuk mendapatkan lebih banyak koneksi bisnis. Ketika Anda mampu menjadi pendengar dan teman ngobrol yang baik, mereka tidak akan ragu untuk mengajak Anda bekerja sama untuk hal bisnis di kemudian hari.

O – Open Yourself to Possibilities
Anda tentu memiliki pikiran bahwa ada sesuatu yang tidak mungkin dilakukan ketika Anda menjalankan sebuah bisnis. Tapi dalam hal bisnis, Anda harus tahu tidak ada yang tidak mungkin untuk Anda kerjakan dan Anda dapatkan.

P – Professionalism
Dari segi apapun bisnis yang sedang Anda kerjakan saat ini, cobalah menjadi orang yang profesional dimanapun dan kapanpun Anda berada. Baik di komunikasi langsung ataupun tidak langsung seperti email.

Q – Question Everything
Menjadi pengusaha membuat Anda harus mau tahu lebih banyak. Ini akan membuat Anda banyak bertanya dan belajar tentang apapun yang harusnya Anda tahu, bahkan lebih dari itu.

R – Returning Customers
Banyak pebisnis yang mengatakan, jauh lebih mudah membuat pelanggan lama kembali ketimbang memulai semuanya dari awal. Tetap jaga hubungan baik dengan pelanggan Anda. Dan salah satu cara untuk membuat mereka mau kembali lagi adalah dengan menawarkan sesuatu yang unik pada pelanggan setia Anda.

S – Socialize
Baik di dunia nyata ataupun di dunia online, Anda harus memiliki peran yang besar di sosial media. Bukan hanya sekedar untuk tahu perkembangan terbaru seputar bisnis Anda, tapi juga untuk lebih dekat dan mengenal siapa pelanggan Anda.

T – Teach a Free Class
Jika Anda memiliki keahlian yang spesifik, cobalah berbagi dengan masyarakat setempat. Cobalah membangun bisnis di area yang sudah sangat akrab dengan Anda. Ini juga akan jauh lebih baik dan lebih mudah.

U – Under Promise, Over Deliver
Jangan memberi banyak janji yang belum jelas bisa Anda penuhi. Harapan yang Anda berikan kepada pelanggan merupakan segalanya bagi kita. Namun itu akan menjadi bomerang ketika kita tidak bisa memenuhinya.

V – VIP Treatment
Jika Anda ingin membuat setiap pelanggan Anda merasa bahwa mereka spesial, maka Anda bisa memberikan pelayanan VIP, mulai dari melakukan panggilan telepon, menjawab setiap pertanyaan mereka dan memenuhi setiap kebutuhan mereka. Ketika pelanggan senang, maka itulah kunci kesuksesan bisnis Anda.

W – Word of Mouth
Jika Anda pernah mendengar hal ini, maka itu saatnya Anda mulai menerapkan strategi bisnis Word of Mouth. Dengan menggunakan rekomendasi bisnis dari orang lain, maka kita bisa mendapatkan banyak pelanggan baru untuk bisnis kita. Buatlah pelanggan kita senang dan mau merekomendasikan bisnis kita kepada orang lain.

X – Xcellence
Menjadi orang yang ahli pada sesuatu yang mereka lakukan tentu bukanlah hal yang mudah. Tapi ketika Anda sudah berkomitmen menjalankan bisnis, tentu apapun itu akan Anda lakukan dengan sangat baik demi mendapatkan hasil yang baik juga.

Y – Your Personal Integrity
Integrasi bukan hanya terjadi pada kehidupan Anda, itu adalah komponen penting bagi mereka yang sedang membangun sebuah bisnis yang sukses. Hal ini berlaku untuk produk Anda, hubungan dengan karyawan dan transparansi dengan klienpun akan berjalan dengan baik.

Z – Zzzs
Yang terakhir adalah perbanyaklah waktu istirahat Anda. Tapi ini bukan tanpa aturan, sebab menjadi pebisnis akan membuat Anda mempergunakan waktu sebaik mungkin untuk bekerja dan juga beristirahat. Itu sebabnya Anda harus pintar-pintar mengatur waktu agar antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda bisa berjalan dengan baik.

Nah, bagaimana sekarang? 
Anda yang sedang terpikir untuk mendirikan bisnis bisa langsung mulai menerapkan berbagai kebutuhan untuk membangun bisnis dari sekarang. Anda juga bisa mulai mengikuti berbagai sesi inspirasi atau seminar yang banyak dilakukan oleh komunitas – komunitas bisnis di Indonesia. Melalui seminar ini Anda akan menemukan lebih banyak cara untuk mengembangkan bisnis.

Sumber : mebiso.com, 19 November 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar