Jumat, 11 Januari 2013

Mengenal Konsep Kecerdasan Spiritual (SQ: spiritual quotient)

 

Kecerdasan spiritual atau yang biasa dikenal dengan SQ (bahasa Inggris: spiritual quotient) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif. Quotient spiritual (SQ) digambarkan sebagai ukuran yang terlihat pada seseorang kecerdasan spiritual dalam cara yang sama seperti intelligence quotient (IQ) terlihat pada kecerdasan kognitif. 

Konsep spiritual quotient merangkum 6 jenis kepribadian: sosial, investigasi, artistik, realis, kontraktor dan konvensional.

SQ merupakan fasilitas yang membantu seseorang untuk mengatasi persoalan dan berdamai dengan persoalannya itu. Ciri utama dari SQ ini ditunjukkan dengan kesadaran seseorang untuk menggunakan pengalamannya sebagai bentuk penerapan nilai dan makna.


Kecerdasan spiritual yang berkembang dengan baik akan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, mampu menghadapi penderitaan dan rasa sakit, mampu mengambil pelajaran yang berharga dari suatu kegagalan, mampu mewujudkan hidup sesuai dengan visi dan misi, mampu melihat keterkaitan antara berbagai hal, mandiri, serta pada akhirnya membuat seseorang mengerti akan makna hidupnya.


Perbandingan antara SQ, ​​EQ dan IQ


Perbandingan antara SQ, EQ dan IQ dapat ditemukan dalam buku "SQ: Spiritual Quotient" oleh Dr Muhammad Bozdağ. 

"Para penulis yang sudah mulai keluar dishing buku oleh lusin pada subjek Spiritual Quotient berpendapat bahwa hanya SQ yang mengatur manusia terpisah dari kedua mesin dan hewan. Menurut mereka SQ adalah tentang belas kasih dan kreativitas, kesadaran diri dan self harga diri, fleksibilitas dan syukur Jadi apa yang pernah didukung oleh para filsuf besar dari orang-orang seperti. Swami Vivekananda sekali lagi ditekankan oleh dunia modern perusahaan ".

Perbedaan yang dibuat adalah bahwa : 
  • IQ dan EQ menjelaskan peristiwa luar biasa oleh "kebetulan, kebetulan, kecelakaan" istilah, yang dianggap sebagai kekacauan spontan. 
  • SQ, di sisi lain, melihat acara semacam ini sebagai membutuhkan tingkat lebih halus perhatian, dengan asumsi bahwa mereka direncanakan oleh kesadaran tak-terbatas.

Menurut teori standar pada emosi, emosi makhluk yang alami, mereka adalah genetik, hormonal atau naluriah di alam. Teori Spiritual Quotient memposisikan bahwa emosi bukan berasal dari ribuan saluran inspirasi spiritual, dan bertujuan untuk mendorong orang untuk menemukan cara penginderaan saluran inspirasi mengambang di alam semesta. 


Kritik terhadap konsep SQ

Teori SQ telah dikritik karena pseudo-ilmiah, plin-plan upaya untuk mendefinisikan sebuah konsep menjadi ada, yang tidak memiliki koherensi nyata dan istilah pencampuran dan konsep. Mereka juga telah dikritik karena saran mereka bahwa SQ adalah sesuatu yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan, yang membuat perbandingan dengan IQ dan EQ (perbandingan tersirat dalam penggunaan akronim SQ) lemah dan menunjukkan itu hanyalah sebuah istilah yang diciptakan untuk memberikan kepercayaan kepada mereka yang memegang plin-plan keyakinan yang mendasari teori yang relevan. 

Sumber :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_spiritual, 21 Oktober 2012, 18.10 UTC.
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/SQ,  3 Desember 2012 jam 22:09 UTC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar